MOVE ON! MOVE UP! apa bedanya?


source: pinterest

I'd like to thanks to my friends who inspiring me, so i got an idea to write something (strange) like this. Wkwk. The story began from our commotion about the image below ...


See kan? Gambar ini aku dapat dari salah satu teman (sebut saja dia Angik) yang ngeshare di group WA. Namanya juga cewek liat begituan matanya langsung melotot, mungkin hanya bagi yang tersindir aja, entah deh kalo cowok. Makanya aku langsung ikut nimbrung.
"Yuk lomba cepetcepetan move on, move up! :D
Setelah itu, tau apa yang bakal terjadi? Yup, banyak chat masuk buat ikutan komen itu pict. Ada yang pilih mending lomba inilah, itulah, bla bla bla. Sampai pada suatu waktu ada yang menyinggung kata 'mantan'. Jadilah temen yang lain lagi nyeplos


Hahaha. Berhubung aku ini memang dasarnya punya insting jahil super nyebelin *aduh kok ya masih dipelihara* -__- dengan santainya nyebutin lagi tuh kata 'mantan' berulang-ulang tanpa rasa bersalah. Parahnya, buat aku yang sensi sama kata 'mantan' ini malah merekomendasikan buat pinjem istilah 'setan' gitu maksudnya? Haha horror. Diantara banyaknya chat yang masuk, tiba-tiba ada yang mention nama aku. What? Aku salah apa ya ... dia adalah ... eng ing eng si Meyy



Ditambah pake ini lagi -_-


Langsung pusing nih perut. Rasanya campur aduk dapet sindiran kayak gitu. Ada rasa aneh, cemas, bingung, dan bikin mikir keras. Tapi tunggu, husnudzonnya ditunda dulu ya ^^. Waktu itu yang menuntut aku mikir keras bukan soal "Gue ketahuan gagal MOVE ON!" atau "GUE gagal MOVE UP!". Bukan itu. Cuman karena antara MOVE ON! sama MOVE UP! timpang, masih dipertanyakan bedanya. Malah ada yang tanya, apa sih MOVE ON! MOVE UP! Gak kenaaal! Gitu kali ya, haha. Walau temen aku gak serius nunjukin ketidak tahuannya. Tapi siapa tahu memang ada yang belum mengerti betul maksud dari MOVE ON! sama MOVE UP! Termasuk aku ini, makanya cari tahu yuk!
What is/are the difference between MOVE ON! and MOVE UP! ?

Which step you should do first after broken heart?
Bedanya MOVE ON! sama MOVE UP! ?
Mana proses yang biasanya lebih dulu dilakukan setelah patah hati?

Inilah analisa aku *benerin kacamata*
Setahu dan sepemahamanku, MOVE ON! Itu …
Keadaan dimana seseorang tengah berusaha meminimalisir ketergantungannya pada sesuatu hal—entah itu orang atau pun beda.
Ketergantungan di sini maksudnya, kalau gak makan obat, jadi sakit; kalau gak ketemu (orang), rindunya menggebu; kalau gak komunikasi sehari berasa kehilangan banget; kalau gak jalan sama dia, gak makan; kalau udah sama dia, gak ingat waktu; kalau gak bersamanya, uring-uringan, galau, berasa di luar sana gak ada lagi dunia; dkknya.
Biasanya, hal-hal yang dilakukan ketika seseorang sedang berusaha MOVE ON! umumnya yang berbau MELUPAKAN, dan cari PELARIAN. Maaf di sini aku sebut dengan kata 'pelarian' karna gampang dicerna. Nah! Yang belum bisa melupakan see How to forget 'mantan' here. (LINK MENYUSUL). Menurut aku usaha orang yang MOVE ON! itu itu aja. Stuck di situ! (Tapi, syukurlah mereka telah berusaha *terharu*).
Lain lagi sama MOVE UP! Setahu dan sepemahaman aku, MOVE UP! Itu …
Keadaan dimana seseorang telah adem ayem hatinya. Ketika ia bersinggungan dengan 'alasan dia MOVE' itu menghadapinya gak pake esmosi, sensi, tapi bisa mengontrol hatinya dengan kepala dingin. Sehingga, aktivitas yang dia lakukan adalah segala upaya yang menunjang kebutuhan sekarang, dan masa depan.
Kebutuhan di sini maksudnya; kalo laper butuh makan, carilah ke meja makan, masak sendiri, beli di warung; kalo kurang aktivitas, joinlah dia ke beberapa kegiatan/organisasi, misal volunteer; melebarkan networking ke mana pun, buat jaringan dengan siapa pun; mulai menyusun ulang cita-cita hidupnya, seperti memperbaiki kualitas hidup, produktivitas diri, daaan satu yang paling dicari adalah meningkatkan iman kita.
Cara meningkatkan iman juga macam-macam namun kompleks, sebab untuk mencapai satu tujuan yaitu ridho Tuhan. Kalo kata blognya mba Dita Aljelia, dia pake istilah 'hijrah' gitu. Ciamik dah ^^
Jelas kan MOVE ON! MOVE UP! apa bedanya?
Terus mana yang mesti dilakukan lebih dahulu?
Kalo dari tulisan aku di atas kayaknya udah cukup jelas deh ya, MOVE ON! dulu baru MOVE UP! Tapi perihal mau langsung MOVE UP! biar cepet sukses dapet hidayah *benerin peci* pun gak masalah. Karena dua-duanya bagus, asal niatnya baik aja dan semua ikhtiar kamu ditujukan demi Allah ta'alla. Inshaa Allah :)
Jadi, upaya yang lagi kamu geluti sekarang ini termasuk dalam proses mana nih? MOVE ON! atau MOVE UP! hehe
Wassalam...

3 komentar

  1. Setia banget tuh sampe kagak bisa move on :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa? Saya? Begitulah persepsi kawankawan saya -____-

      Hapus
  2. Oo..beda move on dan move up, seperti itu ya..

    BalasHapus

please leave your comment