Jangan ‘Kacangin‘ Manfaat Kacang !!!


source: alongmisuari

Selalu dan selalu kacang dijadiin biang keroknya jerawat, dan kolesterol tinggi. But did You know? Di balik semua tuduhan itu, kacang justru kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Asalkan, kamu ngerti jenis kacang seperti apa yang terbaik untuk di konsumsi bagi kesehatan. Berikut beberapa kacang yang bisa dijadiin sahabat untuk kesehatan. Cekidot!

Kacang Kenari “Si Penurun Kolesterol”

Kenari, emang menu makanan fave-nya tupai. Gak salah emang, karna kenari merupakan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh rata-rata 0.3 poin ( misalnya 5,5 menjadi 5,2 mmol/l ). Hasil riset ini, setelah melihat dari 13 penelitian yang melibatkan 365 orang. Yup, kamu perlu mengkonsumsi kenari 30 gram perhari untuk melihat manfaatnya dalam sebulan.

Kacang Mete “ Si Penghilang Kelelahan “
Kekurangan nutrisi bisa bikin kelelahan ekstrim dan penurunan daya konsentrasi. Untuk mengatasinya, kita perlu zat besi yang membawa oksigen ekstra untuk mengalir ke seluruh tubuh. And You Know what? Zat besi paling banyak dikandung oleh kacang mete. Bahkan kacang mete mengandung dua kali jumlah zat besi lebih besar dibandingkan dengan daging giling.

Kacang Pecan “ Si Pengusir Batuk dan Flu “
Masih rada ya asing sama kacang yang satu ini? Kacang pecan bisa kamu dapetin di pasar swalayan besar dalam bentuk mentah ataupun yang siap santap. Ternyata, mengkonsumsi lima kacang yang berasal dari Amerika ini, bikin kebutuhan akan senyawa zinc ( Zn = seng ) harian kita terpenuhi. Nutrisi kek gini penting banget bagi sel darah putih buat melawan virus dan bakteri, termasuk batuk dan flu.

Kacang Tanah “ Si Penurun Berat Badan “
Protein, lemak, dan serat dalam kacang tanah, bisa membantu kulit kita terasa kenyang lebih lama, dan bikin kita males ngemil setelahnya. Oeo. Penelitian dari Universitas Havard, menemukan makanan moderat - termasuk kacang tanah dan selai kacang -, lebih mudah menahan berat badan daripada makanan rendah lemak dengan kalori yang sama.

Kacang Pistachios “ Si Penurun Tekanan Darah “
Kacang yang berasal dari daerah timur tengah ini, mengandung jumlah kalium (potasium) yang melebihi pisang. Mengonsumsi kacang pistachios sebanyak dua genggaman tangan, bisa menolong kita dalam hal mengontrol tekanan darah. Ini karena, kalium jago banget ngancurin efek garam dari makanan lain.

Kacang Brazil “ Si Pencegah Kanker “

Kacang ini, merupakan sumber selenium ( nutrisi yang membantu melindungi sel-sel tubuh ). Tingginya kadar selenium dalam kacang brazil diyakini bisa membantu penurunan resiko jenis kanker tertentu, seperti kandung kemih dan prostat. Makanlah dua biji kacang brazil, untuk memberikan selenium lebih untuk kebutuhan harian kita.

Kacang Almond “ Mengatasi Diabetes “

Almond merupakan kacang yang tinggi serat dan bebas karbohidrat. Selain itu, almond juga menurunkan indeks glikemik ( ukuran dimana gula memasuki aliran darah kita ), dan kaya akan magnesium yang juga berperan dalam mengatur gula darah.

Kacang Hazelnut “ Si Kacang Super “
Hazelnut, si kacang yang kaya lemak tak jenuh tunggal yang bagus buat kesehatan jantung dan merupakan salah satu makanan yang kaya akan sel pelindung vit. E. Selain itu, hazelnut juga kaya serat, kalsium, magnesium, seng, asam folat, dan biotin, yang menjadikan makanan sehat secara keseluruhan.

( Sumber : Gaul edisi 2/XI )
Nah sekarang, apa masih ngacangin kehebatan Kacang ???

1 komentar

please leave your comment